Monday, June 4, 2012

Contoh TOR (Term Of Reference)


Divisi Jaringan Dan Kerjasama
Badan Eksekutif Mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Perihal: Permohonan menjadi Keynote Speaker

Preface:
Pada tahun ke-31 sejak pendiriannya ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengenalkan dan membawa semangat baru kepada mahasiswa dan mahasiswinya yakni dengan tagline “Muda Mendunia”.
                Semangat ini diyakini dapat membuat visi UMY menjadi kampus Go International dapat terwujud karena UMY menciptakan kader-kader handal yang tidak hanya jago kandang (tingkat nasional) tapi dapat merambah hingga ke seluruh belahan penjuru dunia.

Terms of Reference:
1.       Pembicara diharapkan dapat memberikan acuan kepada peserta mengenai arti kata “Muda Mendunia” yang dimaksudkan dan diharapkan oleh pihak Universitas;
2.       Pembicara diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta untuk menjadi salah satu agen dari “Muda Mendunia” tersebut;
3.       Pembicara diharapkan dapat memberikan saran konstruktif kepada organisasi-organisasi mahasiswa yang diwakili oleh peserta agar berkesesuaian dengan semangat “Muda Mendunia” itu.

Nama Acara:
“Sarasehan”

Tema:
Bersama Mendunia Dengan Jiwa Yang Muda
Konsep Acara:
                Dalam rangka Milad UMY dan juga bertepatan dengan Milad Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Divisi Jaringan dan Kerjasama BEM FISIPOL memprakarsai “Sarasehan” antar organisasi intra kampus yang tujuan dan peserta acara akan dijelaskan kemudian.
                Sesi pertama     : Peserta akan mendengarkan arahan yang tercantum dalam keynote speech
                                                  tanpa adanya tanya jawab
                Sesi kedua          : Para peserta saling bertukar informasi mengenai organisasi yang
                                                  dinaunginya dan menyampaikan dukungan atau uraian singkat mengenai
                                                  “Muda Mendunia”

Tujuan:
                Acara ini bertujuan agar dapat:
1.       Mensinergikan antar organisasi intra kampus dan mempererat tali persaudaraan;
2.       Mensosialisasikan semangat baru UMY dan dapat diimplementasikan oleh peserta dan organisasi yang dinaunginya;
3.       Saling bertukar informasi dan saling melakukan akselerasi dengan melakukan perbandingan dan sharing pengetahuan antar organisasi intra kampus.

Peserta:
                Acara ini dapat kami analogikan dengan Konferensi Tingkat Tinggi dikarenakan peserta yang diperbolehkan hadir hanya Ketua dari seluruh BEM di lingkungan UMY dan Ketua dari seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di lingkungan UMY.
                Undangan yang terbatas ini diharapkan dapat menciptakan atmosfir yang sakral dalam acara ini yang kemudian terjadi trickledown effect bagi organisasi yang dinaunginya untuk memaknai dan mengimplementasikan semangat UMY yang baru yakni “Muda Mendunia”.
                Peserta juga kami batasi hanya kepada Ketua BEM dan HMJ dikarenakan merekalah yang langsung menyentuh kepada mahasiswa atau mahasiswi dan tentunya ini diharapkan dapat mewujudkan tujuan acara dalam menyebarkan semangat “Muda Mendunia” tadi.

               

1 comment:

  1. Jadi terms of reference itu seperti maksud/tujuan dilaksanakannya suatu acara? begitukah? saya masih bingung

    ReplyDelete